• Jam Buka Toko: Jam 08.00 s/d 22.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 6282178738821
  • SMS/WA: 6282178738821
  • cs.butikomahkain@gmail.com
Terpopuler:

Cara Mempertahankan Pelanggan BAGIAN-2

02 August 2017 - Kategori Blog

Layani Pelanggan dengan Baik

1. Latihlah para karyawan Anda untuk melayani pelanggan dengan sopan.Sangatlah penting bagi Anda untuk menyadarkan karyawan tentang peran mereka dalam mempertahankan pelanggan. Terkadang, para karyawan Anda adalah satu-satunya penghubung langsung antara usaha Anda dengan para pelanggan, jadi pastikan bahwa para karyawan Anda akan memperlakukan pelanggan dengan sopan, sebagaimana Anda akan melakukannya.

  • Buatlah panduan pelatihan dan cara-cara bervariasi lainnya untuk melatih karyawan-karyawan Anda, panduan dapat berupa tulisan, video, atau bahkan Anda dapat melakukan sandiwara kasus, dimana situasi dibuat seperti ketika karyawan berhadapan langsung untuk melayani pelanggan. Dengan begitu, Anda dapat memberikan tips-tips perbaikan kepada karyawan Anda jika Anda merasa langkah yang diambil oleh mereka belum cukup efektif.
  • Tunjuk karyawan yang sudah berpengalaman untuk membimbing karyawan baru.
  • Berikan tawaran insentif kepada para karyawan Anda seperti “karyawan berprestasi” atau “karyawan favorit pilihan pelanggan” agar mereka termotivasi untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para pelanggan.

2. Aturlah jam operasional yang normal dan teratur. Jika jadwal operasional usaha Anda tidak teratur, misalkan Anda hanya buka pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu pada jam 12 siang – 3 sore, lalu dilanjutkan jam 6 sore- 9 malam, percayalah bahwa pelanggan tidak akan tertarik untuk terus berlangganan dengan Anda. Buatlah jam operasional yang tidak rumit agar pelanggan tidak kesulitan mengingat kapan Anda buka dan kapan tidak. Sesuaikan diri Anda dengan pelanggan dan usahakan untuk selalu tersedia ketika mereka membutuhkan pelayanan Anda.

  • Jangan lupakan tentang jam sibuk. Jika Anda hanya membuka usaha Anda pada jam dimana orang lain sibuk bekerja, maka orang-orang kantoran tidak akan pernah bisa berbisnis dengan Anda. Pertimbangkan untuk membuka toko Anda pada jam yang lebih siang dan tutup lebih malam. Jangan lupa untuk membuka lebih lama pada akhir minggu, karena orang-orang kantoran tidak bekerja pada akhir minggu.

3. Bekerjalah dengan fleksibel. Jika Anda menjual sarapan hanya sampai jam 10 lalu pelanggan datang 10.15 dan ingin memesan menu sarapan, kondisi ini terkadang cukup rumit. Jangan sampai Anda menolak pesanan pelanggan karena Anda seharusnya menjual menu makan siang saja pada jam tersebut, ingatlah bahwa kepuasan pelanggan sangatlah penting. Apa yang harus Anda lakukan? Jalankan usaha Anda dengan fleksibel, selama situasi masih memungkinkan, puaskanlah pelanggan Anda.

  • Beritahu pelanggan Anda bahwa Anda memberikan pelayanan khusus dengan nada yang ramah, seperti “Seharusnya kami sudah tidak menyajikan sarapan lagi setelah jam 10, jadi mungkin proses pembuatan sarapan Anda akan memakan waktu sedikit lebih lama, namun kami tetap akan membuatkannya untuk Anda, ok?”.

4. Selesaikan permasalahan secepat dan sebaik mungkin. Pelanggan tentu memiliki keluhan dan merasakan ketidakpuasan. Cara Anda mengatasi setiap masalah atau keluhan yang muncul akan menentukan apakah mereka akan bertahan atau berhenti berlangganan dengan Anda.

  • Dengarkan pelanggan Anda tentang masalah/ketidakpuasan yang dirasakan. Pastikan Anda mendengarkan pendapat mereka hingga selesai sebelum Anda membuat kesimpulan.
  • Usahakan untuk mencari cara untuk menenangkan pelanggan Anda agar mereka tetap kembali dan berlangganan.
  • Selesaikan permasalahan dengan ramah dan sikap yang positif. Yakinkan sang pelanggan bahwa kepuasannya adalah kebahagiaan Anda.

5. Pasarkan produk dengan jujur. Pelanggan tidak hanya mempercayai produk begitu saja, pelanggan harus bisa mengerti tentang kelebihan produk-produk yang Anda sampaikan melalui presentasi yang Anda sampaikan. Pelanggan membutuhkan alasan yang jelas untuk mereka membeli produk Anda.

  • Latih para karyawan Anda untuk menanyakan tentang harapan-harapan dan rencana para pelanggan untuk menggunakan produk Anda ketika mereka memasarkan produk Anda. Gunakan pertanyaan-pertanyaan yang “menyelidik” kepada pelanggan tersebut, sehingga pelanggan akan merasa dihargai. Karyawan Anda juga dapat menyimpulkan beberapa solusi yang dapat diberikan produk Anda untuk menyelesaikan masalah-masalah para pelanggan tersebut sehingga pelanggan akan merasa semakin tertarik untuk membeli produk Anda.
  • Menawarkan produk tambahan bisa menjadi salah satu bagian terpenting di dalam lingkungan usaha, namun jangan sampai Anda terkesan terlalu “gila uang” di mata pelanggan Anda dengan terus menawarkan sesuatu yang tidak berguna kepada mereka. Jika Anda ingin menawarkan produk tambahan, pastikan Anda memberikan alasan-alasan yang kuat agar pelanggan merasa barang-barang tersebut dapat memenuhi kebutuhan mereka juga.

6. Pastikan toko Anda bersih dan ramah. Setiap toko memiliki gaya penataan masing-masing. Tidak ada patokan gaya penataan yang mutlak untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan Anda. Tapi satu hal yang pasti adalah bahwa Anda harus menjaga kebersihan toko Anda dan rapikan semua produk yang Anda jual di dalamnya. Pastikan toko Anda terlihat rapi dan bersahabat. Tidak peduli gaya apapun yang Anda terapkan, baik itu modern, gaya jadul, ataupun elegan, kunci utama yang harus dipenuhi adalah kebersihan dan kerapian.

E-BOOK KATA PROMOSI DAHSYAT

Jangan sampai ketinggalan E-BOOK nya
Lebih dari 520 orang sudah mendownload nya.
Download Area
DOWNLOAD
close-link

E-BOOK
KATA PROMOSI DAHSYAT

Jangan sampai ketinggalan
Lebih dari 520 orang sudah mendownload.
Download Area
DOWNLOAD
close-link

 
Chat Via Whatsapp